WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Saturday, August 31, 2013

Pengenalan Mikroprosesor



Era Mikroprosesor
Mikroprosesor yang pertama, Intel 4004, merupakan mikroprosesor 4-bit, yaitu controller  yang dapat diprogram pada satu chip. Mikroprosesor ini hanya mengalamatkan4096 lokasi memori 4-bit. Kumpulan intruksi Intel 4004 hanya mengandung 45 intruksi. Mikroprosesor ini dibuat dengan teknologi P-channel MOSFET ( yg termasuk canggih pada waktu itu ) yang membuatnya hanya dapat mengeksekusi intruksi-intruksi tersebut pada kecepatan rendah ( slow rate ) dalam 50 KIPs ( Kilo-Instruction per second ).  Kecepatan ini termasuk lambat jika dibandingkan dengan 100.000 intruksi perdetik yang dijalankan oleh komputer ENIAC yang beratnya mencapai 30 ton pada tahun 1946. Perbedaan utamanya adalah Intel 4004 mempunyai berat kurang dari 1 ons.

Pada awalnya banyak aplikasi tersedia untuk alat ini. Mikroposesor 4-bit muncul diawal sistem gaming video dan sistem kontrol kecil berbasis mikroprosesor. Salah satu game video yang populer adalah suffleboard game, diproduksi oleh Balley. Masalah utama dari mikroprosesor ini adalah kecepatannya, lebar  word dan ukuran memori.
Pada tahun 1971, menyadari bahwa mikroprosesor merupakan produk berkembang yang memiliki nilai sangat komersial, Intel Coorporation mengeluarkan 8008, versi 8-bit lanjutan dari mikroprosesor 4004. 8008 mengalamatkan ukuran memori expanded ( 16 Kb) dan berisi intruksi-intruksi tambahan ( total sebesar 48 ) yang menyediakan kesempatan untuk aplikasi – aplikasinya dalam sistem yang lebih modern. ( 1 byte adalah bilangan biner yang lebarnya 8 bit dan satu K ( Kilobyte )  sama dengan 1024 bit) seringkali ukuran memori dispesifikasikan dalam ukuran byte.


2 comments:

  1. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    ReplyDelete

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi