WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Thursday, April 18, 2013

cara mengedit file data atau dokument yang di scan ( scanning )

Kita sering membaca majalah, tabloit, surat kabar, dll. dan kita sering skali ingin mengutib atau mengambil sebagian dari artikel yang kita baca, salah satu caranya yaitu dengan cara scan ( scanning ).  Biasanya jika kita scan sesuatu, hasilnya akan terlihat, akan tetapi hasilnya berbentuk image atau gambar yang bentuk formatnya JPG, GIF, BMP, PNG,  dll. Nah biasanya jika file berbentuk seperti yg disebutkan diatas, tidak akan bisa diedit tulisan atau dokument yang kita scan. Saya punya salah satu solusinya, dan ini sudah saya praktikan. dan berhasil.


Pertama - tama kita convert
( ubah terlebih dahulu image menjadi dokument ( word ). Mengapa harus demikian, karena dalam aplikasi komputer, hanya file berbentuk dokument ( word ) lah yang bisa di edit tulisan atau gambar yang ada didalamnya. Akan tetapi kita harus memakai salah satu software yang dijamin ampuh yaitu OCR ( Optical Character Recognition ). Software ini sangat ampuh banget teman". dan juga penggunaan nya sangat simpel. software ini manfaatnya yaitu dapat mengubah ( konvert ) scanned PDF, Image ke bentuk word.  ingat yaa, word itu artinya dokumen, dan bukan diubah ke microsoft word.
Aplikasinya teman - teman bisa dapatkan di google. Maaf, karena di google sudah banyak, jadi saya tidak menyediakan aplikasi  ini. Teman - teman bia mencarinya di google, yahoo, dll.  Atau teman - teman bisa langsung klik  DISINI.
Terima Kasih sudah membaca artikel ini.  semoga bermanfaat untuk anda.....
Salam Kreasi.  :)

2 comments:

  1. Thanks Postingannya Berguna Banget

    ReplyDelete
  2. thanks gan, tinggal download dari CNET dgn gratis...

    ReplyDelete

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi