WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Saturday, May 12, 2012

tentang Kota Medan

Haloo.  Salam  setia  kepada pengunjung semuanya.
kali ini  saya akan  memberikan informasi tentang kota medan.  Para pengunjung yg berasal dari kota medan,  sebagian dari anda  pasti belum mengetahui  tentang kota Medan.  Malu donk  jika anda belum mengetahui nya  apa  lagi jika kota ini merupakan kampung halaman anda.  Apa kata”  orang nanti bila anda tidak mengetahui tentang kampung halaman anda sendiri.
dulu saya juga seperti itu, tapi saya sekarang sudah sadar, dan sekarang saya sedang mempelajari sebagian  tentang kota  Medan.




 Nah, skarang mari kita belajar sama”  yukk.
hhm….  Kota Medan.  Pasti anda tidak asing lagi kan dengan kota ini.  Kota ini merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di negara Indonesia.  Kota ini  merupakan  Ibukota dari provinsi Sumatera Utara.

Kebanyakan orang bilang dan bahkan kota Medan sangat terkenal sekali dengan suku Batak. Sehingga orang”  beranggapan bahwa  kota Medan itu mayoritasnya berkependudukan suku Batak.  Hal itu merupakan asumsi yang salah.  Tahu kah anda, mayoritas penduduk  kota Medan itu adalah suku Jawa dan  stelah itu suku Batak.  Suku  Batak hanya urutan kedua.  Hanya saja, suku  Batak sangat  mendominasai setiap kegiatan yang ada di kota ini.  Bahkan setiap orang Batak yg merantau ke kota”  lain yg ada di Indonesia dan bahkan luar negeri  pasti berasal dari Sumut, yaitu kota Medan.

 
Tahu kah anda siapa pendiri Kota Medan ?   Kota Medan didirikan oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada tahun 1590 .  Beliau Merupakan suku Batak  Karo yang lahir di Aji Jahe  di daerah dataran tinggi Karo.  Sebelum Guru Patimpus Sembiring Pelawi memeluk Agama Islam, dia adalah seorang yang mempunyai kepercayaan Pemena. Guru Patimpus Sembiring Pelawi menikah dengan seorang putri Raja Pulo Brayan dan mempunyai dua anak lelaki, masing-masing bernama Kolok dan Kecik.  Setelah menikah, Guru Patimpus Sembiring Pelawi dan istrinya membuka kawasan hutan antara Sungai Deli dan Sungai Babura yang kemudian menjadi Kampung Medan. Tanggal kejadian ini biasanya disebut sebagai 1 Juli 1590, yang kini diperingati sebagai hari jadi kota Medan.

kamu tahu ga,  sebagai bukti  pendiri kota Medan,  dibuat sebuah patung Pendirinya yaitu monument patung Guru Patimpus Sembiring Pelawi  tepat nya di bundaran Petisah. Wahh…. Wahh….  Wahh…..   Ternyata  orang Karo yg menemukan Kota Medan. Ga nyangka saya.


 Oh  yaa, di Kota Medan juga terdapat istana yg paling terkenal yaitu Istana Maimun,  ada juga  Masjid yg terbesar dan terkenal disana yaitu Masjid Raya. dan 1 lagi,  ada juga tempat wisata rohani bagi umat cristian yaitu Velangkani  yg didirikan sekitar tahun 2000 an  yg didirikan oleh orang India, sehingga bentuk bangunan nya menyerupai bangunan India. Ada juga  Kantor pos  tertua dari masa penjajahan Belanda hingga sekarang  masih aktif. Dan mungkin Kantor pos ini kantor pos tertua di sumatera. Letak nya tepat di sebelah Merdeka walk ( yg  dulunya Lapangan Merdeka ).


           Masjid Raya

 
Velangkani









                                                                                                                                              Istana Maimun


Sekian dulu postingan saya hari ini. Smoga bermanfaat  bagi anda.
Semangat  Belajar  

5 comments:

  1. Wah hebat, Blogger yang Cinta Daerahnya :)
    Hebat kak, kamu telah memberikan Contoh yang baik jadi seorang Blogger...

    Sukses ya :)

    ReplyDelete
  2. hehheee....
    yukk mari mampir gan.

    kalo udh mampir ksini, blng sama ane yaa....

    ReplyDelete

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi