WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Tuesday, June 12, 2012

Sabar dan Kasih sayang Menurut Agama

haloo  sahabat setia Tumorang Kreasi. kmaren saya sudah bahas tentang malu. nah sekarang kita bahas  kata sifat yang lain lagi yang  harus dimiliki setiap manusia.  yaitu sifat Sabar  dan Kasih Sayang.

SABAR
Sebagai orang yang beriman dan telah menjadikan Islam sebagai pegangan dan tuntunan hidup, tentunya kita bisa belajar banyak dari keistiqomahan orang Jepang untuk mengajarkan kesabaran kepada generasi penerusnya. Karena sabar di dalam Islam merupakan salah satu tuntunan akhlak Islam yang harus dilaksanakan dalam kehidupan ini. 

Abu Said (Sa’ad) bin Malik bin Sinan Al-khudry berkata, Ada beberapa beberapa orang dari sahabat Anshor datang minta kepada Rasulullah SAW, maka diberi oleh Rasulullah SAW, kemudian minta pula dan diberi oleh Rasulullah SAW, sehingga habis apa yang ada padanya. Dan setelah habis semua yang di tangan Rasulullah SAW, beliau bersabda kepada mereka: Apa saja yang akan membawa kebaikanmu tidak akan aku sembunyikan dari kamu, dan siapa yang memelihara kesopanan dirinya, Allah akan memelihara kesopanannya dan siapa yang merasa cukup, maka Allah akan mencukupinya; dan siapa yang berlatih kesabaran, maka Allah SWT akan menyabarkannya. Dan tiada orang yang mendapat kurnia (pemberian) Allah SWT yang lebih baik atau lebih dari kesabaran” 
Menurut keterangan yang diambil dari buku tarjamah Riadhus Shalihin hadist diatas memberi pengertian bahwa kesopanan diri dan kesabaran itu terjadi dengan latihan dan usaha perjuangan melawan hawa nafsu. Kesabaran ada tidak semata-mata datang tanpa usaha ikhtiar. Dan Allah di samping ikhtiar usaha kita itu, akan membantu (menolong) sehingga terlaksana. Jadi jelaslah bahwa kesabaran merupakan tuntunan di dalam Islam. Sehingga seharusnya jika benar-benar beriman kepada Allah SWT dan Rasulnya Muhammad SAW maka hendaknyalah kita menjadikan sabar sebagai akhlak dalam kehidupan ini. Karena dengan mengamalkan kesabaran itu Allah SWT akan memberikan pahala atasnya. Sebagaimana firman Allah SWT : “Sungguh akan dibayar upah (pahala) orang-orang yang sabar itu dengan tiada batas hitungan” (QS. Az-Zumar: 10).



A.    Pengertian Sabar
Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan sabar?  Melirik sedikit ke buku tebal KBBI, pengertian sabar adalah tahan menghadapi cobaan, tenang, tidak tergesa-gesa, tidak terburu nafsu. Sedangkan, pengertian sabar menurut ensiklopedia Islam adalah menahan diri dalam menanggung suatu penderitaan, baik dalam menemukan sesuatu yang tidak diingini ataupun dalam bentuk kehilangan sesuatu yang disenangi.
Menurut Al-Ghazali, sabar adalah suatu kondisi mental dalam mengendalikan nafsu yang tumbuhnya atas dorongan ajaran islam. Banyak pengertian sabar yang beredar luas, tetapi intinya kurang lebih sama.
Seperti yang telah dibahas di atas, kesabaran adalah kekuatan utama hidup. Kasus seperti bunuh diri, depresi, stres, dll, semuanya tidak lepas dari mulai terkikisnya kesabaran dalam diri mereka.  Padahal banyak sekali manfaat sabar. Lewat sabar, kamu bisa lebih merasa dengan dengan-Nya karena ketawakalan atau kepasrahanmu. Ketenangan pun sudah pasti akan kamu raih. Selain itu, sabar membuat jasmani kita menjadi lebih sehat. Sejauh yang saya tahu, belum ada penelitiannya sih, tetapi jika dipikir menggunakan logika hal tersebut dapat terjadi. Dengan sabar, pikiran kita pasti akan menjadi lebih tenang sehingga tidak mengganggu kerja otak.  Ketenangan tersebut juga akan membuat jantung kita tidak harus bekerja keras, sehingga meminimalisir terjadinya serangan jantung.

Kasih Sayang dalam Islam
1.   Kasih sayang sebagai jalan memperoleh rahmat Allah
Diriwayatkan daripada Jarir bin Abdullah r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Siapa yang tidak menyayangi sesama manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya 
2.   Teladan Rasulullah saw
Hadis Abdullah bin Amr r.a katanya: Ketika Muawiyah berkunjung ke Kufah, maka Abdullah bin Amr bercerita tentang Rasulullah s.a.w katanya: Rasulullah s.a.w tidak pernah melampaui batas dan tidak pernah berbuat perkara keji. Beliau juga berkata: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Sesungguhnya orang yang paling baik di antara kamu adalah orang yang paling baik budi pekertinya. 
3.   Rasa sayang terhadap lawan jenis adalah fithrah
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS Ali Imran (3) : 14)
4.   Pernikahan adalah cara halal menyalurkan rasa sayang yang terpendam
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS Ar-Rum (30)  21)



Sekian artikle dari saya. semoga  bermanfaat bagi anda. alangkah baiknya jika anda meninggal kan komentar dan tidak meninggal kan Link, Url  live  apapun. karna itu dapat mengganggu  kinerja dan kebaikan blog ini.
Sekian dan Terima Kasih.

Semangat Kreasi
 :-) 





1 comment:

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi