WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Thursday, June 7, 2012

Praktek fisika dengan menggunakan Bandul


postingan kali ini, saya akan share sedikit ttg fisika.
tentang percobaan praktik tentang bandul  yang sudah saya praketikan di rumah serta rumus - rumus nya.
dan ini merupakan hanya teori dasar nya saja, soalnya saya belum selesai melakukan praktiknya. hehhe


Periode adalah selang waktu yang diperlukan oleh suatu benda untuk melakukan satugetaran lengkap. Getaran adalah gerakan bolak-balik yang ada di sekitar titik keseimbangan dimana kuat lemahnya dipengaruhi besar kecilnya energi yang diberikan. Satu getaran frekuensiadalah satu kali gerak bolak-balik penuh. Satu getaran lengkap adalah gerakan dari a-b-c-b-a,sesuai pada gambar.Periode ayunan Bandul adalah:L = Panjang Talig = Percepatan GravitasiUntuk menentukan g kita turunkan dari rumus di atas:
T² = 4π² * (L/g)
g = 4π² * (L/T²)
g = 4π² * tan α ; tan α = Δ L / T²
 
L = Panjang Tali
g= Gravitasi Bumi


 
Periode juga dapat dicari dengan 1 dibagi dengan frekuensi. Frekuensi adalah benyaknya getaranyang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Rumus frekuensi adalah jumlah getaran dibagi jumlahdetik waktu. Frekuensi memiliki satuan hertz / H


Terima Kasih. 

No comments:

Post a Comment

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi