WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Wednesday, January 14, 2015

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi (GSM)




Globalsystem for mobile communication (GSM) merupakan standar yang diterima secara global untuk komunikasi selular digital.  GSM adalah sebuah standar global untuk komunikasi bergerak digital, GSM adalah nama dari sebuah group standarisasi yang dibentuk di Eropa tahun 1982 untuk menciptakan sebuah standar bersama telpon bergerak selular di Eropa yang beroperasi pada daerah frekuensi 900 MHz.
Perkembangan teknologi Telekomunikasi nirkabel  dapat dirangkum sebagai berikut :
a.       Generasi Pertama (1G): Jaringan 1G  pertama kali ditemukan di tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi jaringan. 1G  ini adalah standar baru dari teknologi jaringan, dimana campur  tangan  manusia sudah tidak terlalu dibutuhkan. Karena ini adalah ponsel generasi pertama mereka membuatnya sangat serius mereka membuat ponsel y
ang kuat dan handal yang akhirnya tersebar ke seluruh dunia. Hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System) dengan kecepatan 14.4 kbps.
b.      Generasi Kedua (2G): Pada awal tahun 90-an untuk pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital. yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi jaringan analog (1G) seperti suara lebih jernih, keamanan  lebih terjaga dan kapaistas yang lebih besar.  Generasi kedua memiliki memiliki fitur CSD sehingga transfer data lebih cepat. sekitar 14.4KBPS.
c.    Generasi 2.5 (2,5G): Generasi 2,5 yaitu sudah termasuk dalam layanan digital dengan kecepatannya menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.
d.      Generasi 3 (3G): EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) : teknologi perkembangan dari GSM, rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing). UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) : perkembangan selanjutnya dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, (video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar  480 kbps.
e.   Genersi 3,5 (3.5G): HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA adalah 480kbps dimana pastinya HSDPA lebih cepat. 

Generasi 4 (4G): Generasi ke-4 adalah singkatan istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Belum ada definisi formal untuk 4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu  menghasilkan  kecepatan 100Mb /detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan  harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP).

3 comments:

  1. terimakasih untuk infonya ini

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas infonya, sekarang saya sudah tahu

    ReplyDelete
  3. jaman sekarang GSM sudah meraja lela sehingga CDMA gak ada..hehehe

    ReplyDelete

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi