WELCOME TO MY BLOG. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR ANDA.

Monday, March 16, 2015

Konsep Dasar Komunikasi Seluler

Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Konsep dasar dari suatu sistem komunikasi seluler adalah pembagian pelayanan yang menjadi daerah-daerah kecil yang disebut sel. Setiap sel mempunyai daerah cakupannya masing-masing dan beroperasi secara khusus yang dilayani oleh sebuah RBS (Radio Base System), antar RBS masing-masing sel saling terintegrasi dan dikendalikan oleh suatu MSC (Mobile Switching). Jumlah sel pada suatu daerah geografis adalah berdasarkan pada jumlah pelanggan yang beroperasi di daerah tersebut.

Suatu sel pada dasarnya merupakan pusat komunikasi radio yang berhubungan dengan MSC yang mengatur panggilan masuk. Jangkauan pengiriman sinyal pada suatu sistem komunikasi bergerak seluler dapat diterima dengan baik tergantung pada kuatnya sinyal batasan sel para pemakainya, tetapi masih terdapat faktor lain yang dapat menjadi kendala untuk sinyal yang dikirim dapat diterima dengan baik. Faktor lain yang dimaksud adalah faktor geografis atau alam.

            Ukuran sel pada sistem komunikasi seluler dapat dipengaruhi oleh kepadatan pada trafik, daya pemancar yaitu Base Station (BS) dan Mobile Station (MS), faktor alam seperti udara, laut, gunung, gedung-gedung, dan lain-lain. Bentuk jaringan sistem seluler berkaitan dengan luas cakupan daerah pelayanan. Bentuk sel yang terdapat pada sistem komunikasi seluler digambarkan dengan bentuk hexagonal dan lingkaran.
Setiap sel memiliki alokasi sejumlah channel frekuensi tertentu yang berlainan dengan sebelahnya. Karena channel frekuensi merupakan sumber terbatas maka, untuk meningkatkan kemampuan pelayanan frekuensi yang terbatas tersebut dipakai secara berulang-ulang, yang dikenal dengan istilah pengulangan frekuensi (frequency reuse). Oleh karena itu pengulangan frekuensi merupakan hal yang penting dalam komunikasi seluler. Penggunaan frekuensi yang sama pada sel yang berbeda pada waktu yang bersamaan oleh beberapa pengguna merupakan inti dari komunikasi seluler.
gambar model sel sistem komunikasi seluler.
            Pada konsep frequency reuse, suatu kanal frekuensi tertentu dapat melayani beberapa panggilan pada waktu yang bersamaan. Maka dapat dikatakan penggunaan spektrum frekuensi yang efisien dapat dicapai. Semua frekuensi yang tersedia dapat digunakan oleh tiap-tiap sel, sehingga dapat mencapai kapasitas jumlah pemakai yang besar menggunakan pita frekuensi yang efektif.
Kumpulan Sel yang memiliki kelompok frekuensi yang berbeda disebut cluster dan banyaknya sel disebut ukuran cluster. 
          Kumpulan sel yang memiliki kelompok frekuensi yang berbeda disebut cluster dan banyaknya sel disebut

No comments:

Post a Comment

Alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentarnya di kotak komentar yang telah disediakan, agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi dan ingat, jika anda ingin menuliskan komentar, tolong jangan menuliskan Live Link ataupun URL yang hidup yang menggunakan www. ataupun http:// , karena itu dapat mengganggu kinerja saya dan kenyamanan anda. Terima Kasih.

Salam Kreasi